Dukung Pengembangan Budaya, Unsultra Gelar Lomba Tarian

Jul 19 2017 kendari Berita No Comments
Tarian Unsultra

Tarian Unsultra

KENDARI, BKK – Masih dalam rangka memperingatu Hari Ulang Tahun UHUT) Sulawesi Tenggara ke-53 dan hari pendidikan nasional (Hardiknas), Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menggelar lomba tarian tradisional.

Ada tiga jenis tari yang diperlombakan dalam kegiatan tersebut yang terdiri Tari Ende-ende, Tari Jamila, dan Tari Maumere Kreasi. Peserta bukan hanya dari lingkup Unsultra, namun beberapa perwakilan instansi pemerintah Sultra dan masyarakat umum.

Saat ditemui disela-sela berlangsungnya kegiatan, Sabtu (6/5), Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengungkapkan, pihaknya termotivasi untuk mengadakan lomba tarian tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya-budaya tradisional yang perlu untuk terus dikembangkan. Di samping itu juga, ini menunjukkan salah satu kreatifitas di kampusnya yang mampu menciptakan panggung yang bukan hanya sekedar menghibur tapi sekaligus memberikan edukasi.

“Ini sekaligus merupakan salah bentuk apresiasi Unsultra mengembangkan dan melestarikan seni tari-tarian. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan menumbuhkan minat di bidang tari dan meningkatkan prestasinya bukan hanya lokal, nasional akan tetapi internasional,” ujar Prof Andi Bahrun.

Ia menjelaskan, tiga jenis tarian yang diperlombakan tersebut sengaja dipilih karena merupakan kolaborasi antara tarian lokal Sultra dan tarian tradisional daerah lain yang sudah dikenal secara nasional. Khususnya nasional maumere, merupakan tarian tradisional yang dinamis yang disukai oleh seluruh lapisan masyarakat.

Melalui kegiatan lomba itu pula, ia berharap Unsultra semakin dekat dengan semua pihak, sehingga menjadi pilihan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Saya berharap dengan kegiatan ini akan menumbuhkan jiwa kebersamaan antar masing-masing seluruh peserta, panitia dan semua penonton yang hadir di acara ini,” pungkasnya.

Adapun pemenang lomba yakni BJ Dancer dinobatkan sebagai juara satu dan berhasil membawa pulang uang sebesar Rp 3,5 juta ditambah piagam dan tropi, kemudian disusul Deafer Group sebagai juara dua dengan hadiah Rp 2,5 juta ditambah piagam dan tropi. Sementara juara tiga adalah Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sultra yang mendapatkan hadiah Rp 1,5 juta ditambah piagam dan tropi.

Juara harapan satu diraih Fakultas Teknik Unsultra, dengan mendapatkan uang Rp 1 juta, harapan dua diraih Fakultas Hukum dengan hadiah Rp 600 ribu, dan harapan tiga diraih Fakultas Ekonomi Rp 500 ribu. Masing-masing pemenang ini juga membawa pulang tropi ditambah piagam. (p12/nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *