Universitas Sulawesi Tenggara merupakan perguruan tinggi swasta pertama dan tertua di provinsi Sulawesi Tenggara.  Berada di bawah nauangan dan binaan pemerintah daerah provinsi, Unsultra merupakan kebanggaan masyarakat dan daerah.

Gubernur Sultra H Nur Alam SE, M.Si. menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Sulawesi Tenggara.

Sejak akhir tahun 2013, Universitas Sulawesi Tenggara di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Ir. H Andi Bahrun, MSc.Agric. terus berkembang dan berupaya mensejajarkan diri dengan perguruan tinggi ternama lainnya di tanah air.

Unsultra memiliki visi : “MENJADI PERGURUAN TINGGI MAJU, BERMARTABAT DAN BERBUDAYA AKADEMIK UNTUK MEWUJUDKAN KAMPUS SEKSI PADA TAHUN 2020”

Dari Visi Unsultra diatas, penjabarannya adalah meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam upaya mempertahankan keberlanjutan pembangunan regional  dan nasional.

Mengaplikasikan hasil –hasil pendidikan pengajaran dan penelitian yang berkualitas secara  luas kepada masyarakat dan mendukung penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi Menguatkan sistem tata kelola Universitas yang transparan dan akuntabel sehingga mampu memberikan layanan prima dalam pendidikan Mengembangkan potensi mahasiswa dibidang penalaran, olahraga, seni dan budaya dan kewirausahaan untuk membangun citra UNSULTRA ditingkat nasional dan Internasional.

Mengembangkan lingkungan Universitas yang nyaman, aman dan berwawasan lingkungan Meningkatkan kualitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi untuk menjamin kepastian layanan kepada stakeholders.

Konsep ini sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi yaitu : menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. (ashari usman/humas)