Unsultra Bertekad Semua Prodi Berakreditasi B

Des 28 2016 kendari Berita No Comments
Akreditasi Unsultra

Rektor Unsultra Prof. Dr. Andi Bahrun (kedua dari kiri) berdialog serius dengan Ketua Yayasan Unsultra, Dr. Nur Alam yang juga Gubernur Sultra di gedung Rektorat beberapa waktu lalu. (Foto : Humas Unsultra)

Kendari, Radarsultra.co.id – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) bertekad seluruh Program Studi (Prodi) terakreditasi B pada tahun 2017 menyusul pembenahan besar-besaran yang dilakukan sejak beberapa tahun terakhir.
“Saat ini kami lagi berbahagia karena Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik bulan ini resmi terakreditasi B. Ini memicu semangat kami, sehingga tahun 2017 kami bertekad semua Prodi terakreditasi B,” kata Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, Rabu 21/12/2016.
Selain Prodi, kata Rektor, pihaknya juga menargetkan akreditas B untuk institusi Unsultra.

Pembenahan yang dilakukan Unsultra, kata Rektor Andi Bahrun, adalah peningkatan sarana dan prasarana, perbaikan administrasi dan manajemen, pembenahan kurikulum, penyempurnaan pengelolaan keuangan dan peningkatan prestasi mahasiswa.
Di bidang kemahasiswaan, Unsultra, dalam setahun terakhir meraih sejumlah prestasi akademik dan non akademik, seperti menjuarai beberapa event olahraga dan seni.

Untuk para dosen, Rektor meminta mereka untuk mulai merambah jalur internasional, seperti penelitian dan seminar bertaraf internasional.
Akreditasi Prodi di perguruan tinggi merupakan tolok ukur keberhasilan pengelolaan manajemen, sumber daya manusia, sarana prasarana, kemahasiswaan, kurikulum dan keuangan sebuah Prodi di perguruan tinggi. Sedangkan akrditasi institusi merupakan tolok ukur kinerja institusinya.
Akreditasi dikelola oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Lembaga ini merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan paradigma baru dalam pengelolaan pendidikan tinggi. Tujuannya adalah dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

BAN-PT berdiri pada tahun 1994, berlandaskan UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

Sebagai satu satunya badan akreditasi yang diakui oleh pemerintah, BAN-PT memiliki wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi pada pendidikan tinggi. Dalam wewenang ini termasuk juga melaksanakan akreditasi bagi semua institusi pendidikan tinggi, baik untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Badan ini juga mengakreditasi program-program pendidikan jarak jauh dan program-program kerjasama dengan insitiusi pendidikan tinggi di dalam negeri, yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar negeri.
Nilai akreditasi mulai dari C, B dan A. Sejumlah perguruan tinggi masih ada yang belum terakreditasi institusinya, sedangkan program studi di seluruh perguruan tinggi di Indonesia sebagian besar masih terakreditas C.

Sumber: Radar Sultra

Akreditasi KampusKampus KendariUnsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *